Loading Time dalam Evaluasi Produk Web


HALLOO….

Kali ini saya akan sedikit membahas  tentang Loading Time ( Waktu Muat ) dalam Evaluasi Produk Web.

Ada berbagai kriteria yang bisa digunakan untuk menentukan kualitas sebuah website. Kriteria tersebut antara lain adalah konten yang berbobot, desain yang menarik, ataupun waktu muat atau loading time website. Nah, pada bahasan kali ini, kita akan secara khusus membahas tentang waktu muat website dan dampaknya terhadap pemasukan perusahaan.

Definisi Waktu Muat ( Loading Time) Website
          Sebelum melangkah lebih jauh, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu definisi dari waktu muat website. Waktu muat website adalah waktu yang dibutuhkan oleh seorang pengunjung untuk bisa melihat tampilan situs secara menyeluruh. Sebuah website yang memiliki waktu muat sangat cepat, memberikan kenyamanan kepada para pengunjungnya.
         Sekarang, bayangkan posisi Anda sebagai seorang pengunjung website. Apakah Anda berkenan untuk menghabiskan uang di sebuah situs belanja yang butuh waktu lama untuk menampilkan daftar produk yang dijual? Mayoritas, jawabannya tentu saja adalah tidak.
         Sebuah survei yang dilakukan oleh Akamai bersama dengan Gomes.com juga memiliki jawaban atas pertanyaan mengenai waktu muat website ini. Dalam survei tersebut, terungkap bahwa hampir setengah responden ingin agar website bisa tampil secara penuh dalam waktu 2 detik. Kalau waktu muat mencapai lebih dari 3 detik, mereka akan memilih untuk berkunjung ke situs lain.
Kenapa loading time harus cepat?
      Dalam survei yang sama juga disebutkan kalau sebanyak 79% responden enggan berbelanja kembali ke situs yang punya performa buruk. Dalam hal ini, situs tersebut butuh waktu lama untuk menampilkan halamannya. Sementara itu, 44% responden mengatakan kalau mereka akan menceritakan pengalaman buruknya itu kepada orang lain.

Waktu Muat Rata-Rata Website Populer Dunia

Rata rata waktu muat / loading time website
         Dengan latar belakang seperti itu, tidak mengherankan kalau setiap perusahaan perlu memperhatikan masalah waktu muat saat mendesain website. Namun, berapa waktu muat ideal untuk sebuah website dengan performa yang bagus?
            Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda perlu melihat kondisi para pemilik website secara menyeluruh. Salah satunya adalah dengan melihat waktu muat website populer dunia. Hanya saja, perlu diketahui bahwa teknologi terus berkembang. Demikian pula teknologi yang dipakai dalam membangun website yang lebih optimal dan efisien. Jadi, tidak heran kalau waktu muat website dari tahun ke tahun akan terus mengalami peningkatan.
         Dalam sebuah studi kasus yang dilakukan oleh SEOChat, terkuak data terkait waktu muat rata-rata website populer dunia. Studi kasus tersebut melibatkan sebanyak 36 situs terkemuka dengan beragam latar belakang. Beberapa situs tersebut antara lain adalah Wikipedia, Dell, serta Nasdaq.
       Hasilnya, 36 website tersebut memiliki waktu muat antara 9,82 detik hingga 13,84 detik. Jadi, kalau website Anda punya load time berada di antara kisaran angka tersebut, maka termasuk sebagai situs dengan kecepatan rata-rata. Namun, kalau melebihi angka 13,84 detik, situs Anda termasuk sangat lambat dan perlu peningkatan. Sebaliknya, kalau website punya waktu muat kurang dari 9,82 detik, maka termasuk kategori sangat cepat.

Pengaruh Waktu Muat Terhadap SEO

         Gambar diatas menunjukan bahwa waktu muat atau loading time pada website yang lebih cepat lebih cenderung berkonversi menjadi klien/ leads / customer potensial Anda. Jika Anda memiliki waktu muat yang melebihi 5 detik maka Anda tidak dapat berharap banyak agar pengunjung betah berada di dalam website Anda.
     Dalam digital marketingsearch engine optimization (SEO) memiliki peran yang sangat penting. Semakin bagus SEO sebuah situs, semakin besar pula kemungkinan situs tersebut muncul dalam hasil pencarian mesin pencari seperti Google, Bing, Yandex, ataupun Yahoo.
     Secara khusus, Google kerap menjadi patokan dalam pengukuran SEO sebuah website. Alasannya sangat sederhana, karena Google menjadi mesin pencari terpopuler saat ini. Hanya sebagian kecil pengguna internet, baik di Indonesia ataupun di luar negeri yang terbiasa memakai mesin pencari lain.
       Dalam penilaian SEO Google, terdapat beberapa faktor yang perlu diperhatikan, termasuk di antaranya adalah page speed atau waktu muat website. Pernyataan terkait pencantuman page speed dalam penilaian SEO Google sudah dilakukan sejak tahun 2010. Mereka mengungkapkan, kecepatan menjadi hal yang penting, tidak hanya bagi pemilik website, tapi juga untuk para pengguna internet.
       Merujuk pada studi yang telah dilakukan Google, memperlihatkan kalau kecepatan internet berkaitan erat dengan kenyamanan pengguna internet. Semakin cepat page speed sebuah website, para pengunjungnya pun merasa semakin nyaman. Di waktu yang sama, website yang cepat juga meminimalkan biaya operasional.

Itu saja yang kali ini saya bahas, mohon maaf apabila ada kekurangan…
Terimakasih :)
Sampai bertemu dipostingan selanjutnyaaaa…….


Komentar

Postingan populer dari blog ini

KORAN

Tanggal Lahir