Usability dalam Evaluasi Produk Web
HALLOO….
Kali
ini saya akan sedikit membahas tentang Usability dalam
Evaluasi Produk Web
USABILITY (KEBERGUNAAN)
Usability adalah tingkat kualitas dari sistem yang mudah dipelajari, mudah digunakan dan
mendorong pengguna untuk menggunakan sistem sebagai alat bantu positif dalam
menyelesaikan tugas. Dalam konteks ini, yang dimaksud sebagai sistem adalah perangkat
lunak. Usability adalah suatu ukuran, dimana pengguna dapat mengakses fungsionalitas dari
sebuah sistem dengan efektif, efisien dan memuaskan dalam mencapai tujuan tertentu.
Terdapat banyak definisi usability menurut beberapa referensi baik itu perorangan maupun
lembaga. Berikut ini beberapa definisi usability :
1. Jakob Nielsen
Mendefinisikan usability sebagai ukuran kualitas pengalaman pengguna ketika berinteraksi
dengan produk atau sistem apakah situs web, aplikasi perangkat lunak, teknologi bergerak ,
maupun peralatan-peralatan lain yang dioperasikan oleh pengguna.
Usability adalah tingkat kualitas dari sistem yang mudah dipelajari, mudah digunakan dan
mendorong pengguna untuk menggunakan sistem sebagai alat bantu positif dalam
menyelesaikan tugas. Dalam konteks ini, yang dimaksud sebagai sistem adalah perangkat
lunak. Usability adalah suatu ukuran, dimana pengguna dapat mengakses fungsionalitas dari
sebuah sistem dengan efektif, efisien dan memuaskan dalam mencapai tujuan tertentu.
Terdapat banyak definisi usability menurut beberapa referensi baik itu perorangan maupun
lembaga. Berikut ini beberapa definisi usability :
1. Jakob Nielsen
Mendefinisikan usability sebagai ukuran kualitas pengalaman pengguna ketika berinteraksi
dengan produk atau sistem apakah situs web, aplikasi perangkat lunak, teknologi bergerak ,
maupun peralatan-peralatan lain yang dioperasikan oleh pengguna.
2. International Organization for standardization (ISO)
Mendefinisikan usability sebagai tingkat dimana produk bisa digunakan oleh pengguna
tertentu untuk mencapai tujuannya dengan lebih efektif, efisien, dan memuaskan dalam
ruang lingkup penggunanya.
Kebergunaan (bahasa Inggris: usability) adalah suatu istilah yang menunjukkan kemudahan manusia untuk menggunakan suatu alat atau objek buatan manusia lainnya untuk mencapai tujuan tertentu. Kebergunaan juga dapat merujuk pada metode pengukuran kebergunaan dan kajian prinsip di balik persepsi efisiensi dan keluwesan suatu objek.
Dalam interaksi manusia komputer dan ilmu komputer ,Usability biasanya merujuk pada keluwesan dan kejelasan interaksi dengan hasil rancangan suatu program komputeratau situs web. Istilah ini juga sering digunakan dalam konteks produk elektronika konsumen, atau pada bidang komunikasi, serta objek alih pengetahuan (misalnya buku masak atau dokumen). Kebergunaan dapat pula merujuk pada desain efisien suatu objek mekanis seperti suatu gagang pintu atau palu.
Alasan Mengapa Usability Penting?
Web Usability merupakan cerminan dari kebiasan yang umumnya dilakukan pengguna
situs. Situs yang memiliki usability tinggi memiliki peluang yang sangat besar
untuk sering dikunjungi oleh para pengguna internet. Pada umumnya pengguna ingin
mendapatkan informasi secara cepat dan sesuai yang diharapkan. Jika sebuah situs gagal
dalam menunjukkan secara jelas apa yang dapat dilakukan dengan situs tersebut, pengguna
cenderung akan langsung meninggalkan situs dan beralih ke situs lain.
Cara mengukur Usability
Secara umum cara mengukur dan menilai usability sebuah situs bersifat relatif dan
bergantung pada bagaimana pengguna dapat menyelesaikan sekumpulan task. Menurut Jakob
Nielsen terdapat beberapa ukuran umum yang dapat dijadikan patokan dalam mengukur
usability, yakni:
a. Learnability
Learnability menjelaskan tingkat kemudahan pengguna untuk memenuhi task-task
dasar ketika pertama kali mereka melihat/menggunakan hasil perancangan.
b. Efficiency
Efficiency menjelaskan tingkat kecepatan pengguna dalam menyelesaikan task-task setelah
mereka mempelajari hasil perancangan.
Efficiency menjelaskan tingkat kecepatan pengguna dalam menyelesaikan task-task setelah
mereka mempelajari hasil perancangan.
c. Memorability
Memorability menjelaskan tingkat kemudahan pengguna dalam menggunakan rancangan
dengan baik, setelah beberapa lama tidak menggunakannya.
Memorability menjelaskan tingkat kemudahan pengguna dalam menggunakan rancangan
dengan baik, setelah beberapa lama tidak menggunakannya.
d. Errors
Errors menjelaskan jumlah error yang dilakukan oleh pengguna, tingkat kejengkelan
terhadap error dan cara memperbaiki error.
Errors menjelaskan jumlah error yang dilakukan oleh pengguna, tingkat kejengkelan
terhadap error dan cara memperbaiki error.
e. Satisfaction
Satisfaction menjelaskan tingkat kepuasan pengguna dalam menggunakan rancangan.
Satisfaction menjelaskan tingkat kepuasan pengguna dalam menggunakan rancangan.
Tujuan utama Usability :
- Efektif
pada saat digunakan
- Efisien
pada saat digunakan
- Aman saat
menggunakannya
- Punya
utility yang tinggi
- Mudah
untuk dipelajari bagi user saat pertama kali menggunakannya
- Mudah
diingat cara menggunakannya
Sebuah web dengan usability yang buruk akan ditinggalkan oleh penggunanya. Berikut ini
adalah beberapa kondisi yang akan membuat pengguna meninggalkan sebuah web :
- Web sulit
digunakan dan ribet saat menggunakannya.
- Homepage
tidak menjelaskan tentang apa yang ditawarkan oleh perusahaan dan apa saja
yang dapat dilakukan oleh pengguna pada web tersebut.
- Pengguna
mendapatkan adanya kesalahan pada web meskipun kesalahan tersebut
kecil.
- Informasi
web sulit dibaca maupun sulit dimengerti dan tidak mampu menjawab
pertanyaan-pertanyaan pengguna.
Itu saja yang kali ini saya bahas, mohon maaf apabila ada kekurangan…
Terimakasih :)
Sampai bertemu dipostingan selanjutnyaaaa…….
Komentar
Posting Komentar